WUJUDKAN PROGRAM KABUPATEN SERGAI BEBAS BIBIR SUMBING

Perbaungan, (Analisa) : Guna mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai kabupaten bebas bibir sumbing, maka Pemkab Sergai bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Rumah Sakit Accuplast Medan melaksanakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing gratis terhadap warga yang kurang mampu,Selasa (12/7) di Puskesmas Plus Perbaungan.

Bupati Sergai Ir.H.T.Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut untuk mewujudkan program Kabupaten Serdang Bedagai sebagai “Kabupetan bebas bibir Sumbing” serta memupuk dan menjalin kemitraan dokter dan masyarakat dalam masalah kesehatan serta mengurangi beban masyarakat terhadap cacat bawaan lahir bibir sumbing sehingga diharapkan dengan dilaksanakan operasi ini rasa percaya diri penyandang dan keluarganya akan meningkat.

Bupati meminta, khususnya kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Serdang Bedagai untuk terus menerus berupaya meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan status, apakah mereka bayar atau gratis karena telah dijamin melalui Jamkesmas, Jampersal atau Jamkesda,sehingga masyarakat kita memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesetan secara paripurna dan berkelanjutan.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Sergai drg.Zaniyar.M.AP melaporkan bahwa 24 orang anak yang telah terdaftar dari target yang direncanakan sebelumnya yaitu 50 orang anak penderita bibir sumbing sebagai pasien yang akan ikut oprerasi bibir sumbing ini.

Pelaksanaan operasi bibir sumbing ini merupakan kelanjutan dari yang telah dilaksanakan sebelumnya sejak tahun 2008 sampai dengan 2009 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Serdang Bedagai bekerjasama dengan pihak Rumah sakit Sari Mutiara Lubuk Pakam dan telah berhasil mengoperasi sebanyak 120 orang.

Kegiatan pelayanan bibir sumbing ini terus berlanjut sampai pada bulan Desember tahun 2011 yang akan datang dengan harapan tidak ada lagi satupun anggota masyarakat yang menyandang bibir sumbing di kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini,kata Zaniyar.

Sementara itu ketua IDI Sergai Dr.Bulan Simanungkalit.M.Kes dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-103 menggelar kegiatan yang bertujuan untuk membantu Pemkab Sergai mewujudkan program Kabupaten Bebas Bibir Sumbing,memupuk dan menjalin kemitraan antara dokter dan masyarakat dalam masalah kesehatan serta bukti pengabdian dan kepedulian IDI Sergai terhadap masyarakat penderita bibir sumbing. (bah)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to WUJUDKAN PROGRAM KABUPATEN SERGAI BEBAS BIBIR SUMBING

  1. Pingback: imitation rolex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *