KENALKAN PARIWISATA INDONESIA LEWAT FOTO

[JAKARTA] Keindahan alam dan budaya Indonesia sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Dalam rangka menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) kembali menggelar Lomba Foto Sadar Wisata 2011 dengan tema lomba “Peran Masyarakat Dalam Menggalakkan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Melalui Penerapan Sapta Pesona”.

“Banyak cara untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi menarik bagi wisatawan. Melalui foto dengan obyek yang menarik seperti kegiatan yang terkait erat dengan kepariwisataan merupakan cara yang mudah bagi wisatawan untuk mengetahui keberadaan objek yang akan dikunjungi,” ungkap Direktur Pemberdayaan Masayarakat Kemenbudpar, M Bakri, di Jakarta, baru-baru ini.

Diakui lomba foto diselenggarakan untuk ketiga kalinya dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap butir-butir Sapta Pesona, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan melalui seni grafi. Lomba foto ini juga salah satu cara untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia.

Lomba terbuka untuk umum sejak 1 Maret dan batas akhir penyerahan karya foto tanggal 24 Juni 2011. Hasil karya foto terbaik dari seni fotografi diharapkan dapat menginformasikan dan menyebarluaskan pesan peran masyarakat dalam pengembangan pariwisata.

Untuk lomba foto Sadar Wisata 2011 ini, Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyediakan total hadiah Rp 50 juta. Karya foto terbaik dan masuk dalam nominasi juara lomba foto sadar wisata 2011 akan dipamerkan dalam acara pameran foto yang akan digelar 24 Juli 2011 di Artha Gading Jakarta.

Menurut Bakrie tujuan dari lomba foto tidak lain agar masyarakat mengenal negerinya melalui pariwisata. JUga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pariwisata, melalui objek foto. Jangan sampai turis saja yang menikmati keindahan panorama Indonesia.

Bakrie berharap, para penggemar foto dan komunitas fotografi di seluruh Indonesia ikut berperan serta menginformasikan daerah tujuan wisata di daerah masing-masing dengan mengirimkan karya foto, dari haril jepretan dan akan terpublikasikan potensi pariwisata daerah.

Pemilik School of Photography sekaligus juri lomba Foto Sadar Wisata 2011, Darwis Triadi, berharap semua lapisan masyarakat memberikan kontribusi hasil karya fotonya untuk dikirim ke panita.

“Tidak perlu memakai kamera yang mahal. Kamera poket aja hasilnya sudah bagus. Apalagi kalau ditempat yang bagus. Tidak usah menggunakan alat yang profesional, kalau memang menarik dna bagus tentu karya akan bisa dinikmati orang banyak,” katanya.

Begitu juga dengan ahli fotografi sekaligus anggota dewan juri Sigit Pramono. Ia berharap 10 persen masyarakat Indonesia mengirimkan hasil karya fotonya yang menggambarkan panorama Indonesia dari sudut pandnag yang berbeda-beda.

”Lewat lomba ini kita akan lebih sadar wisata dan dengan adanya lomba ini juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik. Itu dapat terjadi karena melalui foto pariwisata Indonesia bisa dikenal, sehingga bidang pariwisata menopang perekonomian Indonesia,” tutur dia. [H-15]
sumber: http://www.suarapembaruan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo, Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to KENALKAN PARIWISATA INDONESIA LEWAT FOTO

  1. Jarvis Maret says:

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *