OPERASI TERITORIAL TERPADU TAHUN 2011 DIPUSATKAN DI SERGAI

Perbaungan, (Analisa): Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kesadaran bela negara serta memotivasi masyarakat untuk berperan serta dalam mensukseskan pembangunan, jajaran Kodam I/BB melaksanakan Operasi Teritorial Terpadu tahun 2011 di wilayah Kodim 0204/DS dengan daerah sasaran Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Selain itu diharapkan dapat membantu mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan.

Hal ini dikemukakan Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Leo JP.Siegers.S.IP saat memimpin upacara pembukaan Operasi Teritorial Terpadu TA.2011 Wilayah Kodam 0204/DS di lapangan terbuka Dusun I Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan, Kamis (21/7).

Pangdam Leo JP.Siegers mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam operasi teritorial terpadu yang berlangsung selama 30 hari sejak 21 Juli s/d 19 Agustus 2011 ini bersifat fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik meliputi pembangunan infrastruktur, sarana dan prasaranan terutama membuka isolasi daerah terpencil guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah.

Sedangkan nonfisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam membangun daerah menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Untuk memaksimalkan hasil yang akan dicapai melalui kegiatan ini diperlukan beberapa hal untuk dipedomani, pertama kegiatan operasi teritorial (opster) terpadu dilakukan secara profesional, kedua opster terpadu dapat dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat untuk memotivasi membangun daerah.

Ketiga, harus menghormati adat istiadat dan memanfaatkan program ini sebagai sarana interaksi dengan masyarakat agar pelaksanaan tugas di lapangan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Kemudian juga perlu menegakkan tertib administrasi dalam pengelolaan anggaran dan materil yang digunakan,kata Pangdam.

Sementara itu Bupati Sergai Ir.H.T.Erry Nuradi.M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB dan jajarannya yang telah memilih Kabupaten Sergai sebagai lokasi sasaran kegiatan opster terpadu TNI Angkatan Darat Tahun 2011 yang dipusatkan di Kecamatan Perbaungan.

Melalui operasi teritorial terpadu ini merupakan momentum yang strategis dalam meningkatkan kerjasama yang baik antara TNI, Pemkab Sergai dan masyarakat karena langsung menyentuh kepada kebutuhan masyarakat sehingga memiliki nilai tambah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memantapkan semangat kebangsaan sekaligus mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan sehingga tidak mudah terprovokasi pihak yang tidak bertanggung jawab, kata bupati.

Bupati menghimbau kepada masyarakat yang lingkungan dan desanya menjadi sasaran operasi teritorial terpadu untuk bersama-sama bergotong-royong dan bekerjasama dengan harmonis dalam mensukseskan kegiatan ini demi terciptanya keamanan, ketertiban dan kesejahteraan di desa.

Hasil yang ingin dicapai melalui operasi teritorial terpadu tahun 2011 ini menurut Dandim 0204/DS Letkol Arh. Wawik Dwinanto, S.Sos yakni pembukaan jalan sepanjang 1.500 m di Desa Cinta Air, peningkatan klasifikasi jalan 150 m di Desa Bengkel, pembuatan 2 (dua) unit pos kamling di Desa Cinta Air dan Desa Kesatuan, Pembuatan sumur bor 1 (satu) unit di Desa Lubuk Rotan dan bantuan dari Pemkab Sergai berupa rehab rumah tidak layak huni di Dusun I Desa Bengkel serta kegiatan penyuluhan kebangsaan, pertahanan, kesehatan kepada masyarakat dan penghijauan dengan penanaman 2500 pohon.

Sedangkan untuk pelaksanaan pekerjaan proyek itu, personil yang dikerahkan selama kegiatan berlangsung yaitu 164 orang personil Kodim 0204/DS, 5 personil TNI AL, 5 personil TNI AU dan 31 Yonif 126/KC. (bah)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to OPERASI TERITORIAL TERPADU TAHUN 2011 DIPUSATKAN DI SERGAI

  1. Pingback: Buy white runtz online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *