LPSE PERKECIL TINDAKAN KORUPSI

MEDAN (Waspada): Universitas Sumatera Utara (USU) meluncurkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sebagai upaya untuk meningkatkan  transparansi dalam proses tender pengadaan barang dan jasa. LPSE tersebut berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi  yang meliputi pelelangan umum secara elektronik.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen USU dalam upaya memperkecil adanya upaya tindakan korupsi. LPSE ini sudah lama kita impikanimpikan, mengingat  selama ini kita masih melakukan proses tender secara manual,” kata Rektor USU Prof Syahril Pasaribu pada peluncuran LPSE tersebut di Pusat Administrasi USU,  Senin (18/7).

Syahril Pasaribu menyebutkan, pengadaan barang dan jasa secara elektronik memiliki banyak manfaat, di antaranya akan semakin meningkatkan transparansi, sehingga  persaingan sehat antar pelaku usaha dapat lebih cepat terdorong.

Dengan demikian optimalisasi dan efisiensi belanja negara juga segera dapat diwujudkan. Kerena dengan sistem ini akan banyak yang dapat dihemat seperti hemat  kertas dan memperkecil adanya permainan antara panitia dengan peserta tender.

“Ke depan tidak ada lagi anggapan macammacan terhadap USU dalam hal pengadaan barang dan jasa. Kita juga telah menyiapkan tenagatenaga yang berkualitas di  LPSE ini dan mereka sebelumnya juga telah mendapat pelatihanpelatihan tentang pengadaan barang dan jasa melalui internet itu,” katanya.

Sementara itu, perwakilan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Patria Susanto yang turut hadir dalam peresmian dan pembukaan  LPSE USU tersebut mengatakan, LPSE akan mampu meningkatkan daya saing dan sistem tersebut dapat diketahui siapa yang telah masuk dalam daftar hitam dan  memutus mata rantai adanya kolusi dalam proses tender.

“Dalam tahun 2012, seluruh instansi wajib menerapkannya dalam rangka membangun satu pasar pengadaan nasional yang sehat di samping regulasi pengadaan jasa  nasional di masa datang berbasis elekronik,” sebutnya. (m41)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *