DONOR DARAH RUTIN KURANGI HIPERTENSI

DUMAI – Mendonorkan darah secara rutin atau setahun tiga kali dalam jangka waktu empat tahun berturut-turut, bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga lima sampai 15 persen, kata Kepala Unit Tranfusi Darah Cabang (UTDC) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai, Provinsi Riau, dr Hafiz.

Saat dihubungi wartawan di Dumai, Sabtu, dia mengatakan, hipertensi merupakan penyakit yang harus segera dicegah dengan cepat karena dampaknya juga dapat memberikan risiko datangnya penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung.

“Salah satu agar kita terhindar dari hipertensi, maka sebaiknya dilakukan pengurangan darah dalam tubuh dengan cara mendonorkannya ke PMI. Upaya ini telah terbukti mengurangi resiko hipertensi lima hingga 15 persen,” ujarnya. Menurut Hafiz, sejauh ini hipertensi telah menyerang lebih banyak kalangan dewasa, setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Untuk mengurangi angka penderita hipertensi, kita berinisiatif mensosialisasikan manfaat donor darah bagi tubuh manusia, salah satunya yakni mengurangi resiko hipertensi,” katanya.Dalam sosialisasi ini, kata dia, PMI Dumai juga mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya tidak hanya karena unsur sosial, namun juga kepedulian diri terhadap resiko berbagai penyakit yang dapat berdampak pada kematian.

“Alhamdulillah, upaya ini dapat diterima kalangan masyarakat sehingga banyak dari mereka sadar dan menyumbangkan darah ke PMI,” ujarnya. Menurut Hafiz, begitu banyak manfaat positif yang akan dirasakan bagi para pendonor, dimana setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

“Selain membuat tubuh memproduksi darah baru, pendonor juga akan merasa lebih bugar dan sehat karena secara tidak langsung darah pada tubuh kembali steril,” demikian dr Hafiz.(Ant)
sumber: http://www.sinarharapan.co.id

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *