DISDIK PAKPAK GELAR PELATIHAN GURU MULOK

Salah satu agenda penting dalam bidang pendidikan, mengupayakan peningkatan mutu di tingkat pusat maupun daerah.

“Tingginya mutu pendidikan, diharapkan dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional. Sebagai generasi muda dan generasi penerus bangsa perlu dibekali jati diri dengan adat dan budaya Pakpak,” kata  Bupati Pakpak Bharat melalui Kadis Disdik Holler Sinamo dihadapan 65 guru SD/MI, pada  sosialisasi dan pelatihan guru mulok bidang adat dan budaya Pakpak, kemarin.
“Dengan pelatihan ini, para guru dapat mengajar dan membekali generasi muda dengan adat, budaya, kearifan lokal, sehingga mereka tidak lupa dengan jati dirinya,” tambahnya.

Dijelaskan Holler Sinamo, pembangunan di bidang pendidikan merupakan investasi jangka panjang, dan hasilnya tidak secara instan dapat dinikmati. Perlu waktu panjang, sehingga adat, budaya Pakpak serta kearifan lokal perlu dilestarikan. “Diharapkan semua pihak bekerja sama untuk mendukung ini, termasuk warga Pakpak yang di perantauan,” tutur Holler.

Disdik yang menangani pendidikan harus memikirkan juga pelatihan untuk guru-guru SMP/MTs, SMA/SMK dan materi-materi mulok untuk siswa. “Supaya guru mulok mengajarkan lebih baik dari sebelumnya, meningkatkan rasa cinta kepada adat dan budayanya,” ucapnya, yang dihadiri anggota dewan, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ndangan lainnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh adat JH Manik mengatakan, para siswa kelak akan turut sebagai pelopor untuk melestarikan adat dan budaya Pakpak.
Marihot | Pakpak Bharat | Jurnal Medan
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *