BIAYA PENGOBATAN PASIEN THALASSEMIA DIGRATISKAN!

Surabaya – Penderita thalassemia kini sudah bisa bernapas lega. Pasalnya sesuai Surat Sekretaris Jenderal Depkes Kepala Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan No JP.01.01.3.1519.2011 menginstruksikan tentang jaminan pelayanan gratis terhadap pengobatan thalassemia di RSU dr Soetomo Surabaya.

Jaminan gratis ini selain diberikan pasien Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), jamkesmas, jamkesda, askes sosial, juga diberikan ke pasien kalangan umum. Mereka akan mendapatkan obat, transfusi darah hingga rawat inap bila dibutuhkan.

“Baik itu pemakai SKTM, Jankesmas, Jamkesda, Askes Sosial, kalangan umum pun berhak dapat,” kata salah satu pemateri ‘Sosialisasi Tata Laksana Jaminan Pengobatan Thalassemia’, drg Ratna Kusumawardhani M Kes, di ruang sidang Irna Anak RSU dr Soetomo, Senin (5/7/2011).

Wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Instalasi Kerjasama Pembiayaan Kesehatan (IKPK) ini mengaku jika gratisnya pembiayaan pasien thalasaemia ini harus didukung dengan kartu identitas (SKTM, jamkesmas, jamkesda, askes), kartu anggota POPTI, surat rujukan dari puskesmas atau RS, KSK atau KTP penderita.

“Bagi pasien umum, diperkenankan untuk tidak membawa poin pertama,” terangnya.

Namun, kata dia, bila di tengah jalan ditemukan penyakit lain, maka program gratis itu tidak berlaku. Pasien pun akan mndapat kartu anggota Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI). “Pasien harus mengurus seperti biasa,” tandas Ratna.

Sementara berdasarkan data Juni 2011 ada 268 penderita yang saat ini menjalani pengobatan di RSU dr Soetomo. Namun jumlah ini diperkirakan akan bertambah mengingat masih banyak penderita thalassemia yang malu membuka diri.

“Untuk jumlah penderita yang tercatat oleh POPTI ada 308 orang sejak tahun 2006,” terang Ketua POPTI Jatim Ir Purnomo.
sumber : http://us.surabaya.detik.com

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *