ALOKASI ANGGARAN PAUD RP30 M

MEDAN (Waspada): Pemerintah semakin gencar untuk membina dan meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Alokasi anggaran yang dikucurkan juga  cukup besar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk Sumut alokasi anggaran PAUD tahun 2011 mencapai Rp20 hingga Rp30  miliar.

“Tahun ini anggaran PAUD dari APBN berkisar dari Rp20 miliar hingga Rp30 miliar. Kita sangat mengharapkan dengan besarnya anggaran PAUD ini maka akan  meningkatkan kualitas dan mutu PAUD di Sumut sehingga bisa menaikkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD lebih dari 29,” kata Syaiful di selasela menerima  kunjungan tim Rakor PAUD se Sumut, di Dinas Pendidikan Sumut Jl. T Chik Ditiro Medan, Rabu (20/7).

Syaiful menargetkan, dari alokasi anggaran ini ke depan diharapkan APK PAUD di Sumut, dapat berada pada posisi ketiga di Indonesia. Untuk itu diharapkan  kerjasama dari berbagai pihak termasuk pihak swasta. “Kita sangat berterima kasih kepada tim penggerak PKK yang juga sangat antusias untuk meningkatkan mutu  PAUD di Sumut,” sebut Syaiful.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak  Usia Dini Indonesia Sumut (HIMPAUDI) Rukyat, Ketua PKBM Ali Ishak Munthe serta Sekretaris III Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia  (HIPKI) Sumut Rosita.

Sutias Handayani menyebutkan, dengan besarnya alokasi anggaran PAUD dari APBN, maka diharapkan yang bergerak di PAUD bisa berkonsentrasi dan maksimal  melayani anak PAUD. “25 tahun ke depan anakanak PAUD inilah yang nantinya menjadi pemimpin di negara kita. Maka PAUD membutuhkan anggaran untuk  meningkatkan mutu, sebab kalau PAUD jalannya terseok berarti hasilnya juga kurang baik,” ujarnya.

Tim Penggerak PKK sendiri, kata Sutias, memiliki program khusus untuk PAUD. “PKK memiliki program setiap tahun itu ada 3 TK binaan per kabupaten/kota.  Selain itu juga dibuat lomba desa binaan. Dari Tim Penggerak PKK Sumut juga akan berkunjung tiga kali dalam setahun ke desa untuk melakukan supervise,  monitoring dan evaluasi. Dari kunjungan kita akan kelihatan mutu dari PAUD yang dikunjungi,” sebutnya.

Ketua HIMPAUDI Sumut Rukyat menyebutkan, PAUD yang ada di Sumut baru terdapat di 22 kabupaten/kota, sementara 11 kabupaten/kota lagi belum memiliki  PAUD. Jumlah PAUD di Sumut keseluruhan mencapai 2.208.(m41)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *