SAMOSIR DAERAH WISATA BERDAYA SAING

SAMOSIR – Seluruh elemen masyarakat harus berperan aktif dalam mengembangkan industri pariwisata berwawasan lingkungan yang memiliki daya saing tinggi melalui penerapan sapta pesona di lingkungan masing-masing.

“Kepariwisataan merupakan bagian integral pembangunan nasional yang harus dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab,“ kata Bupati Samosir, Sumatra Utara, Mangindar Simbolon, tadi siang.

Selain itu, kata dia, tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup serta kepentingan pembangunan. Untuk itu, diminta semua pemangku kepentingan di wilayah ini melakukan upaya optimal guna mewujudkan Kabupaten Samosir menjadi daerah pariwisata yang berdaya saing.

Sebelumnya, staf ahli bupati bidang pembangunan, Maringan Simbolon, menyebutkan untuk mewujudkan harapan bupati, perlu dipedomani Undang-undang Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.

Dikatakannya, guna mempedomani undang-undang tersebut, Pemerintah Kabupaten Samosir telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya, berupa penyuluhan sadar wisata bagi pelajar.

Maringan berharap, setiap pelajar mampu menjadi contoh dan panutan masyarakat dalam hal penerapan sapta pesona di lingkungannya masing-masing.

Penerapan sapta pesona, yakni, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan di lingkungan masing-masing akan menarik minat wisatawan berkunjung dan merasa betah tinggal di Samosir.

“Dengan begitu, perekonomian masyarakat secara otomatis akan meningkat dan berkembang,” ujarnya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *