PELAJAR SMK RAKIT INSTALASI PENERANGAN RUMAH DENGAN HP

Surabaya – Pada umumnya orang menggunakan saklar untuk keperluan on/off listrik rumah. Namun kini, hanya dengan telpon atau mengirim Short Message Service (SMS) kita pun bisa memainkan on/off lampu dari jarak jauh.

Temuan ini dipaparkan oleh siswa SMKN 2 Surabaya. Mereka menggunakan dua nomor HP, masing-masing untuk menyalakan dan mematikan lampu. Lalu, untuk perantara HP dan relay, mereka memanfaatkan email sebagai penghantar getar.

“Kami memanfaatkan getarnya HP untuk menyentuh relay atau pusat rangkaian listriknya,” kata Heru Bayu, salah satu siswa SMKN 2 saat berbincang dengan detiksurabaya.com saat Pameran Karya Cipta Mahasiswa/Siswa SMK di Jatim Expo, Senin (4/7/2011).

Ya, seluruh rangkaian lampu ataupun listrik lainnya dirangkai dalam satu relay. Bisa dirangkai secara paralel, seri, bahkan seri paralel. Yang utama, fungsi on/off dari relay disambungkan oleh dua HP dengan nomor berbeda.

Penggunaan alat ini cukup sederhana. Hanya dengan mengirim SMS kosong atau sekedar missed call ke nomor HP yang dipasang diujung relay, penggunanya dapat mengatur mati lampu meski dari luar kota ataupun ke luar pulau.

“Yang penting ada sinyal HP-nya kuat. Dan HP penggunanya, serta dua HP yang dirangkai diujung relay nyala,” terangnya.

Saat SMS atau HP berdering, maka getaran yang dihasilkan itulah yang menggerakkan kabel perantara. Gerak getar tersebut nantinya akan diteruskan menuju relay sesuai saluran on/off yang dihubungi.

Temuan siswa SMKN 2 jurusan listrik ini telah dipraktekkan di rumah guru pendampingnya. Alhasil, saat rumah tersebut ditinggal penghuninya ke luar kota hingga seminggu, penghuninya tak perlu khawatir boros listrik.(nrm/fat)
sumber : http://us.surabaya.detik.com

This entry was posted in Berita, Informasi Teknologi Tepat Guna. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *