KUALITAS PENGARUHI HARGA CABAI MERAH

MedanBisnis – Medan. Sejak awal Juli lalu, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan terus berfluktuasi. Sejumlah pedagang mengeluh lantaran harga cabai terus mengalami perubahan dalam waktu yang tidak begitu lama.
“Awal Juli harga cabai merah mencapai Rp16.000 per kg, tapi beberapa hari kemudian turun menjadi Rp12.000 per kg,” kata Debora Pasaribu, salah satu pedagang di Pasar Petisah Medan, Kamis (21/7).

Setelah itu, katanya lagi, harga naik lagi, kemudian turun, begitu terus menerus sampai saat ini harga cabai mnerah dijual dengan harga Rp8.000 per kg.

Menurutnya, naik turunnya harga cabai tersebut, menyebabkan penjualannya terus mengalami penurunan. “Payah kalau harga naik turun, karena konsumen akan semakin malas membeli cabai,” tambahnya.

Dia mengaku, naik turunnya harga itu disebabkan karena kualitas cabai itu sendiri. Akhir-akhir ini banyak cabai merah yang cepat mengalami kerusakan atau pembusukan. Biasanya, ketika cabai merah baru masuk dari petani, kualitasnya baik dan harganya pun sedikit lebih mahal.

Namun, tiga hari berselang cabai-cabai itu sudah banyak yang rusak, untuk menghindari kerusakan yang semakin parah pedagang memilih untuk menjual dengan harga murah. “Makanya harga naik turun,”tambahnya.

Tak jarang, katanya lagi, beberapa pedagang sengaja mencampur cabai yang masih baik dengan yang sudah sedikit rusak agar harga jualnya tetap tinggi. Namun, strategi itu tidak terlalu manjur.

Sementara itu, staf Informasi Pasar Dinas Pertanian Sumut, Zainal Abdi mengatakan, kualitas cabai memang sangat berpengaruh terhadap harga cabai itu sendiri. “Untuk menghindari terjadinya pembusukan, seharusnya pedagang memasok cabai dalam jumlah sedikit,” kata Zainal. Selain itu, pedagang juga sudah harus bisa menerka-nerka kapan cabainya terjual semua, sehingga dia bisa memesan barang baru lagi tanpa ada pembusukan.

Dengan demikian, menurutnya, padagang akan terhindar dari kerugian yang lebih besar karena memasok barang banyak.

Selain itu, katanya lagi, pedagang tidak perlu memasok barang dalam jumlah banyak ketika permintaan konsumen sedang mengalami kelesuan. Apalagi, akhir-akhir ini konsumen masih trauma dengan harga cabai yang melambung tinggi. (cw – 01)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to KUALITAS PENGARUHI HARGA CABAI MERAH

  1. Jewel Kuczma says:

    I simply needed to appreciate you yet again. I’m not certain the things I would’ve sorted out without the type of recommendations contributed by you on such situation. It actually was an absolute daunting matter in my circumstances, but considering this well-written technique you managed the issue took me to leap with gladness. I’m happier for the guidance and thus wish you know what a great job you are always getting into instructing the others using your site. I am certain you haven’t encountered any of us.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *