KODE BAN MOBIL

Ban mobil dan sepeda motor mempunyai ‘bahasa’ sendiri untuk berkomunikasi dengan penggunanya. Agar tak keliru menafsirkannya, pahami kode-kode serta tanda yang tertera pada ban. Untuk menunjukkan data-data spesifikasi, merek, dan tipe, ban menggunakan serangkaian kode angka dan huruf. Kode-kode ini disusun dalam sebuah formula yang universal dan sudah disepakati oleh semua produsen ban di seluruh dunia. Sebagai contoh GT RADIAL CHAMPIRO HPY 225/45 ZR17 94V. Apa saja arti kode-kode itu, berikut penjelasannya. GT RADIAL: Bagian depan umumnya menyebutkan nama dari produsen ban. CHAMPIRO HPY: Merupakan tipe dari ban itu. CHAMPIRO HPY ban berperforma tinggi yang diproduksi PT Gajah Tunggal. 225: Tiga angka di depan (225) menunjukan lebar ban (tire width) dalam milimeter (mm) yang diukur dari titik paling luar (outer) sidewall (dinding) ke inner sidewall.
45: Dua angka yang selalu diletakkan setelah angka lebar ban ini menunjukkan sidewall aspect ratio atau disebut juga tire profile. Kode ini menunjukan persentase tinggi sidewall ban terhadap lebar ban. Prinsipnya, semakin tinggi angka aspect ratio, semakin tinggi sidewall-nya. Lebih jelasnya, simak contoh ini. Kalau ukuran ban GT RADIAL CHAMPIRO HPY ditulis 225/45 berarti tinggi sidewall-nya 45% dari 225 mm atau setara dengan 101,25 mm. Hasil ini diperoleh dengan mengalikan 225 mm dengan 45%.

Z: Simbol speed rating yang menandakan ban ini bisa dipacu hingga kecepatan di atas 240 km/jam.
R: Huruf setelah kode lebar ban/aspect ratio ini menunjukan konstruksi internal ban. Kode “R” di ban GT RADIAL CHAMPIRO HPY menunjukkan konstruksi ban itu adalah radial. 17: Angka ini menunjukkan diameter dari ban. Kode angka 17 berarti ban berdiameter 17 inci, 16 sama dengan 16 inci dan seterusnya.

94: Ini merupakan kode load index atau kemampuan ban dalam menopang beban. Rumusnya, semakin tinggi load index, maka semakin tinggi kemampuan menerima beban. Besarnya beban diketahui dari tabel konversi load index. Nah, di ban ini angka 94 berarti ban bisa menahan beban maksimal 670 kg.

Y: Ini simbol speed rating yang menunjukan batas kecepatan maksimum yang bisa di-handle oleh ban. Huruf “Y” berarti ban bisa dipacu hingga maksimal 300 km/jam. (dp/int)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

1 Response to KODE BAN MOBIL

  1. Auth says:

    mantab deh sob semangat terus sob briggongnyakalena disini juga kita bisa melampiaskan bakat kita,hoby kita pokoknya terus berkarya sob toh dengan kita membuat artikel yang bermanfaat buat orang banyak sudah pasti salah satu ibadah buat kita juga..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *