KEJAGUNG GELAR PERKARA KEPALA DAERAH

JAKARTA, KOMPAS.com – Pimpinan Kejaksaan Agung berencana melakukan gelar perkara terhadap kasus-kasus dugaan korupsi yang melibatkan para kepala daerah. Salah satu yang akan ditelaah adalah ada tidaknya perhitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap perkara-perkara tersebut.
Kamis pekan depan akan dilakukan gelar perkara atara Jaksa Agung bersama para pimpinan dengan para Kepala Kejaksaan Tinggi yang kepala daerah di wilayahnya bermasalah. Sekitar sepuluh Kajati yang akan hadir.
— Jasman Panjaitan

“Kamis pekan depan akan dilakukan gelar perkara atara Jaksa Agung bersama para pimpinan dengan para Kepala Kejaksaan Tinggi yang kepala daerah di wilayahnya bermasalah. Sekitar sepuluh Kajati yang akan hadir,” kata Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Jasman Panjaitan Jumat (22/7/2011) di Jakarta.

Menurut Jasman, gelar perkara dilakukan untuk menelaah kembali apakah kasus-kasus tersebut layak diteruskan atau dihentikan. Jika ternyata berdasarkan perhitungan BPKP terjadi kerugian negara dan alat bukti cukup, maka Kejagung akan meminta izin Presiden untuk memeriksa kepala daerah bersangkutan. Namun, jika tidak ada pernyataan kerugian negara dari BPKP, maka kasus sebaiknya dihentikan.

Hingga kini, terdapat sejumlah kepala daerah yang diduga melakukan korupsi antara lain Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek dan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin.

Selain itu ada juga beberapa Bupati dan Wali Kota yakni, Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara Buhari Matta, Bupati Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan, Muhtadin Serai, Bupati Batang Jawa Tengah Bambang Bintoro, Bupati Bulungan Kalimantan Timur Budiman Arifin, Wakil Bupati Purwakarta Jawa Barat Dudung Bachtiar Supardi, Wali Kota Medan Sumatra Utara Ruhudman Harahap, dan Bupati Kepulauan Mentawai Sumatra Barat Edison Saleleubaja. sumber: http://nasional.kompas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *