JERUK NIPIS DAN KECAP REDAKAN BATUK

JAKARTA – Indonesia memiliki dua musim, sehingga pada pergantian musim seperti saat ini biasanya muncul penyakit daerah tropis seperti pilek, batuk, dan radang tenggorokan. Batuk pun bermacam-macam, ada batuk kering dan berdahak. Namun sebagian orang sudah terbiasa menggunakan perasan jeruk nipis dan kecap sebagai penghilang batuk.

Rasa asam jeruk nipis memang bisa meredakan batuk, dan rasa manis kecap menetralkan rasa asam jeruk. Menurut Sumali Wiryowidagdo, Dosen dari Pusat Studi Obat Bahan Alam Departemen Farmasi Universitas Indonesia, kepada SH beberapa waktu lalu menjelaskan, jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mengandung minyak astiri dan zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk reda.

Mengenai penambahan kecap pada air jeruk nipis, menurut Sumali, dimaksudkan untuk mengurangi keasaman air jeruk.”Pada dasarnya kecap tidak berkhasiat mengobati batuk, sifatnya hanya sebagai sediaan saja agar air jeruk nipis bisa dikonsumsi,” katanya. Ada bahan lain yang bisa digunakan seperti air gula, madu, atau kapur sirih. Cara ini juga lebih aman bagi penderita mag.
sumber: http://www.sinarharapan.co.id

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *