IMPOR BUAH NAIK

MEDAN – Kondisi menurunnya ekspor holtikultura Sumut diperparah dengan meningkatnya impor buah dan sayuran dari China ke Sumut. Tercatat, hingga akhir kuartal tahun ini, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut,  impor sayur-sayuran di Sumut mengalami kenaikan 103,54 persen pada periode dengan nilai  8,147 juta dolar AS  dibanding periode yang sama ditahun lalu dengan nilai 4,002 juta dolar AS.

Kasi Statistik Niaga dan Jasa BPS Sumut, Hafsyah Aprillia mengatakan, impor sayur-sayuran di Sumut berasal dari China, Myanmar (Burma), Australia, India, Thailand, Ethiopia, Malaysia, Vietnam, United Kingdom (UK), Kenya dan United States.

“Yang paling mendominasi dari China dengan nilai 4,122 juta dolar AS dan volume  5.167 ton,” paparnya. Selain sayur-sayuran, Sumut juga banyak mendatangkan buah impor yang mengalami meningkat sekitar 80,59 persen atau nilai 19,572 dolar AS.

Impor buah saat ini masih berasal  dari China dengan nilai 13,790 juta dolar AS dan volume  17.261 ton. Kemudian dari United States sebanyak 2.157 ton dan nilai  2,050 juta dolar AS,  Thailand dengan nilai 1,508 juta dolar AS.(ers)
sumber: http://medan.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *