AYO, FOTO DAN LAPORKAN POLISI NAKAL

JAKARTA, KOMPAS.com — Polisi bertugas melayani dan mengayomi masyarakat. Polisi pulalah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga di sekitarnya. Namun, citra polisi kadang tercoreng dengan ulah nakal aparat dari korps Bhayangkara itu sendiri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar mengatakan, institusinya sama sekali tidak menoleransi praktek-praktek tersebut terjadi di dalam institusi Polri.

“Tidak ada alasan bagi mereka untuk bertindak, seperti menerima bayaran. Ini merupakan pesan Kapolda langsung bahwa tidak bisa menoleransi, dan kalau ketahuan akan jadi dasar penindakan,” ucap Baharudin, Kamis (21/7/2011), di Polda Metro Jaya.

Menurut Baharudin, niat baik kepolisian adalah untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi warganya.

“Kapolda baru ingin anggota (kepolisian) melayani masyarakat dan menindak anggota-anggota yang menyakiti hati masyarakat karena akan berdampak pada institusi Polri secara keseluruhan,” ujar Baharudin.

Karena itu, Polda Metro kini mengajak masyarakat juga turut mengawasi kinerja polisi. Caranya adalah dengan memotret aksi polisi-polisi nakal di lapangan, seperti para polisi yang menerima uang.

“Difoto saja. Foto itu lalu kirimkan ke Humas Polda Metro Jaya, tidak perlu pakai identitas pengirim, cukup waktu dan lokasinya di mana,” kata Baharudin.

Dari hasil foto laporan itu, kata Baharudin, polisi akan memiliki bukti untuk menindak anggotanya yang melanggar etika keprofesionalan kepolisian.
sumber: http://nasional.kompas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *