PJ GUBSU IMBAU BUPATI/WALIKOTA GERAKKAN KOPERASI

MEDAN (Berita): Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho mengimbau bupati/walikota di Sumut untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sebab, katanya, falsafah perekonomian Indonesia adalah ekonomi kerakyatan yang salah satunya dilaksanakan melalui koperasi.

Hal dikatakan Pj Gubsu dalam sambutannya pada peringatan Hari Koperasin Indonesia tingkat Propinsi Sumatera Utara ke-64 di Aula Martabe, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan Selasa (19/7).

“Seperti dikatakan presiden SBY pada puncak peringatan hari koperasi nasional 12 Juli lalu, bahwa tahun 2013-2017 adalah pencanangan revitalisasi koperasi. Karena itu, mari kita jadikan momentum ini untuk membangkitkan koperasi yang pernah berperan penting dalam perekonomian nasional,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gatot juga mengutip pidato kebangsaan mantan presiden RI BJ Habibie, Presiden RI ke-3. Pada peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2011. Ketika itu, katanya, Habibie mengingatkan untuk kembali mengembangkan ekonomi kerakyatan di tengah era globalisasi saat ini. Indonesia, dengan produknya telah menjadi pengekspor produk, yang kemudian produk tersebut diimpor ke Indonesia lagi setelah diberikan label oleh negara tujuan ekspor itu.

“Ini tentu patut diwaspadai, mengingat di negara maju sekalipun ada upaya menyejajarkan perusahaan besar dengan perusahaan kecil, diantara keduanya berperan sistim, yang kita kebal dengan koperasi sebagai soko guru bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Dengan alasan tersebut, Gatot menyerukan agar semua pihak melaksanakan gerakan koperasi secara implementatif. Sehingga kemudian, koperasi bisa memainkan perannya di tengah persaingan era globalisasi. Hal ini, katanya, bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas koperasi sehingga bisa bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah eksis di negeri ini.

Plh Ketua Dekopin Pusat Bangun Suhartono dalam sambutannya mengatakan, ada tiga hal yang harus menjadi perhatian penggerak dan pihak yang peduli kepada koperasi, yakni peningkatan akses teknologi, akses permodalan dan akses pasar.

“Sehingga perlu digalakkan koperasi yang berbasis pada anggota. Artinya, sesuatu yang dihasilkan koperasi harus merupakan keinginan dari semua anggota koperasi yang bersangkutan.

Pada peringatan koperasi tahun ini, juga diberikan penganugerahan kepada koperasi-koperasi berperestasi di Sumut. Baik di tingkat nasional maupun di tingkat Sumut. (lin)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PJ GUBSU IMBAU BUPATI/WALIKOTA GERAKKAN KOPERASI

  1. Pingback: buy psychedelic mushrooms online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *