PEMKO BONGKAR BANGUNAN DI 4 LOKASI

MEDAN (Berita): Karena dibangun tidak sesuai ketentuan, tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan atau melanggar SIMB, Pemko Medan melalui Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Medan  membongkar bangunan bermasalah di empat lokasi berbeda, Rabu (20/7).

Pembongkaran pertama di Jalan Sei Bingei, Kelurahan Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah. Di tempat itu, satu unit bangunan mess berukuran 21 x 23 meter terbukti melanggar roilen bangunan lebih kurang 19 x 3 meter.

Menurut Kabid Pemanfaatan dan Tata Ruang Dinas TRTB, Drs Ali Tohar MSi yang memimpin langsung pembongkaran, pihaknya telah memberikan dua surat peringatan kepada pemilik mess terkait pelanggaran yang telah dilakukan yakni No.640/2813 tanggal 26 Mei 2011 dan.640/4188 tanggal 18 Juli 2011 tak ditanggapi. “Itu sebabnya kami bongkar paksa hari ini,” kata Ali Tohar.

Dalam melakukan pembongkaran, Dinas TRTB melibatkan sejumlah pegawai instansi terkait serta didukung petugas Denpom, Koramil dan Polsekta setempat. Dengan menggunakan palu besar, mereka pun membongkar tembok dan tangga mess tersebut.

Usai melakukan pembongkaran, tim kemudian bergerak menuju Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah. Di kawasan itu ada dua bangunan yang didirikan tanpa SIMB. Lokasi pertama, tim bembongkar 4 unit bangunan rumah tempat tinggal (RTT)  yang masing-masing berukuran 4 x 16 meter.

Pembongkaran berlangsung lancar, sebab pemilik bangunan mungkin menyadari pelanggaran yang telah dilakukan sehingga tidak coba menghalang-halangi proses pembongkaran.  Itu sebabnya dalam waktu singkat tim pun berhasil menjebol dinding bangunan. “Kita juga sudah tiga kali member surat peringatan kepada pemilik bangunan namun tidak ditanggapi,” ungkap Ali Tohar.

Kemudian, tim melanjutkan pembongkaran di sebuah perumahan yang tak jauh dari tempat tersebut. Tim menemukan 18 unit RTT yang masing-masing berukuran 4 x 15 meter dibangun tanpa SIMB. Di tempat ini, tim sempat merobohkan dinding bangunan dan beberapa tiang yang baru selesai dicor tak luput dihantam palu besar.

Sedangkan lokasi yang terakhir dibongkar adalah perumahan di Jalan Tinta Medan. Sekitar 26 unit RTT berlantai tiga  yang pengerjaannya telah rampung 80 persen ternyata tidak dilengkapi SIMB.  Bangunan yang dibongkar itu berukuran 4,3 x 13 m sebanyak 8 unit, sedangkan 4 x 15 m sebanyak 18 unit.

Kepada seluruh pemilik bangunan yang baru dibongkar tersebut, Ali Tohar menegaskan agar mereka segera mengurus SIMB di Dinas TRTB Kota Medan. “Jika pemilik bangunan tidak mengurus SIMB, maka  kami pasti datang kembali untuk melakukan pembongkaran,” tegasnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Ali Tohar kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan developer  agar lebih dulu mengurus SIMB sebelum mendirikan bangunan. “Jika bangunan didirikan tanpa dilengkapi SIMB, pasti kami bongkar,” ungkapnya. (irh)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

3 Responses to PEMKO BONGKAR BANGUNAN DI 4 LOKASI

  1. Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but instead of that, this is great blog. A great read. I will certainly be back.

  2. Pingback: benelli guns

  3. Pingback: putaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *