KHASIAT MADU

MADU sudah dikenal tidak hanya sebagai makanan yang bermanfaat baik buat kesehatan tubuh, tetapi juga kecantikan. Kecantikan ratu Mesir Cleopatra yang sangat terkenal, salah satunya berkat madu yang kerap dia gunakan sehari-hari.

Bahkan hingga kini, khasiat madu sudah sangat dikenal. Tak heran, banyak yang memanfaatkan madu untuk diolah beragam kegunaan, mulai dari produk makanan, minuman, kecantikan hingga obat-obatan.

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Selain itu madu kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)
Di samping kandungan gulanya yang tinggi, madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.

Di samping itu, mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Terdapat juga kandungan antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat.

Madu dapat dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari janin hingga manula. Beberapa khasiat madu yang bisa diperoleh jika rutin mengonsumsinya adalah, memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim), membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan dan ,embantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.

Selain itu, bisa dimanfaatkan buat mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti), meningkatkan nafsu makan anak-anak karna adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu.

Madu juga dipercaya mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress dan makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh.

Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain. Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes dan mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari madu. Madu terbaik adalah yang paling jernih, putih dan tidak tajam serta yang paling manis.
Berbagai Sumber | Jakarta | Jurnal Medan
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *