EMPAT KOTA DI SUMUT RAIH PENGHARGAAN WAHANA TATA NUGRAHA

Jakarta, (Analisa) :  Walikota Sibolga M Syarfi Hutauruk bersama Menteri Perhubungan Freddy Numberi usai menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2010 di kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (20/7).

Sebanyak empat kota dari Sumatera Utara memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat di bidang pengelolaan transportasi Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2010. Keempat daerah tersebut, Kota Stabat Kabupaten Langkat memperoleh Piala WTN untuk katagori kota kecil, Kota Tebing Tingggi memperoleh Piala WTN katagori lalu lintas katagori kota metropolitan, Kota Binjai memperoleh Plakat WTN katagori kota sedang, dan Sibolga memperoleh Plakat WTN katagori kota kecil.

Penyerahan penghargaan Pila dilakukan Menteri Perhubungan Freddy Numberi kepada masing-masing daerah dan Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso menyerahkan Plakat WTN di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (20/7).

Menhub Freddy Numberi dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan manajemen transportasi, dibutuhkan peran serta berbagai pihak sehingga transportasi mampu memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan perekonomian nasional seperti yang diharapkan.

“Upaya tersebut harus ditanggungjawabi masing-masing daerah, sehingga bisa bersinergi dan melakukan pembenahan untuk menjadikan transportasi yang lebih baik lagi dari sekarang. Salah satunya dengan meningkatkan sistem angkutan umum,” ujar Menhub.

Menhub berharap transportasi di daerah bisa lebih baik lagi dengan konsep tata ruang yang lebih baik, sehingga transportasi akan memberikan kontribusi besar untuk kemajuan ekonomi nasional.

Menhub juga menyerahkan bus bantuan kepada beberapa daerah. Sejak 2002 melalui program Kompensasi Pengurangan Subsidi BBM(PKPS-BBM) dan hingga tahun anggaran 2010, telah diserahkan sebanyak 637 unit bus sedang kepada 332 pemerintah kabupaten/kota dan 40 perguruan tinggi.

Bantuan bus juga untuk pengembangan sistem transit sejak 2005 hingga 2010 sebanyak 153 unit bus ukuran sedang AC dan 40 bus besar AC untuk beberapa kota diantaranya Batam, Pekanbaru, Palembang, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Gorontalo, Manado, dan Ambon.

Walikota Sibolga M Syarfi Hutauruk usai menerima Plakat WTN untuk katagori kota kecil mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan yang keempat kali secara berturut-turut diperoleh Kota Sibolga sejak 2008. “Ini merupakan hasil kerja keras dan peran serta seluruh masyarakat Sibolga dalam berlalu lintas dengan baik,” ujar Syarfi.

Pernghargaan tersebut menurut Syarfi, juga merupakan tantangan bagi Pemko Sibolga untuk lebih meningkatkan lagi sarana transportasi bagi masyarakat Sibolga yang aman, nyaman dan memenuhi standar keselamatan. “Karena itu, kami juga meminta partisipasi masyarakat Sibolga untuk selalu tertib dalam berlalu lintas sesuai aturan yang ada,” harap Syarfi.

Kota Stabat

Sementara penghargaan di bidang tertib lalu lintas untuk Kota Stabat, merupakan yang keenam kalinya secara berturut diraih sejak 2005. “Penghargaan ini merupakan upaya bersama dengan Satlantas Polres Langkat akan terus disinergikan untuk tetap membudayakan tertib berlalu lintas demi keamanan dan

kenyamanan bersama,” kata Bupati H Ngogesa Sitepu, usai menerima supremasi budaya tertib lalu lintas bersama Kapolres AKBP H Mardiyono SIK MSi didampingi Asisten Adm Ekbangsos Indra Salahudin dan Kadis Perhubungan Syahmadi.

Kota Stabat yang menerima WTN untuk keenam kalinya, dinilai ada komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan, sehingga tercipta lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, efisien, aman, berkelanjutan dan menjamin hak-hak pengguna jalan.

“Atas semua capaian prestasi yang diperoleh, tentu menjadi tantangan sekaligus motivasi bagi kami di daerah, untuk menjaga kepercayaan ini dengan terus meningkatkan kinerja guna memberikan kesadaran bersama,”ujar Ngogesa yang pada periode Juni hingga Juli telah menerima atujuh penghargaan dari pemerintah pusat.(try/als)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *