BUAT E-KTP MULAI AGUSTUS, GRATIS!

Kementerian Dalam Ne­geri mengimbau seluruh warga negara Indonesia mendaftarkan diri untuk mendapatkan KTP elektronik atau e-KTP. Program yang dimulai awal Agustus mendatang ini seluruhnya gratis.

“Bila ada oknum yang me­manfaatkan dengan mengambil pungutan liar segera laporkan,” ujar Jubir Kemdagri Reydon-nyzar Moenek di Kantornya, Jl Me­dan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/7).

Donny juga meminta agar petugas di kelurahan, kecama­t­an dan dinas kependudukan memberikan kemudahan untuk membuat e-KTP. Bila perlu petugas jemput bola untuk warga yang kesulitan datang ke kantor kelurahan.
“Begitu warga datang akan difoto dan diambil sidik jari. Jika tidak punya tangan akan difoto retina mata,” terang dia.

E-KTP ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan paspor, SIM, dan LHKPN. Dengan e-KTP juga tidak memungkinkan orang mempu-nyai lebih dari satu KTP. Ditar­get­kan untuk tahun ini 67 juta penduduk yang memiliki e-KTP, sedangkan untuk tahun kedua ditargetkan mencapai 105 juta jiwa. “Seluruh dokumen akan tercatat sehingga berguna untuk pencegahan teroris,” tambah Donny.

e-KTP di Indonesia merupakan kombinasi e-KTP China dan India. E-KTP di China tidak dilengkapi rekaman sidik jari hanya data perorangan terbatas. Sementara di India memuat nomor induk kependudukan.

“e-KTP kita lebih komprehensif daripada China dan India,” tutupnya.
Detik | Jakarta | Jurnal Medan
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *