SUMBUL PERCONTOHAN TAMAN BACAAN DI DAIRI

Sidikalang, (Analisa): Kecamatan Sumbul akan dijadikan percontohan taman bacaan di Kabupaten Dairi. Hal itu disampaikan Camat, Drs Hutur Siregar saat menerima bantuan buku dan perlengkapan kantor dari Richard Eddy M Lingga anggota DPRD Sumut, Jumat (15/7).

Masyarakat sangat haus terhadap pengetahuan. Ini ditandai pencarian sejumlah informasi termasuk memanfaatkan koran bekas. Penduduk pedesaan tidak mempermasalahkan apakah surat kabar itu sudah lama yang penting asal ada bacaan.

Demikian halnya para pelajar, ingin sekali mempunyai banyak daftar pustaka. Sebab, perkembangan ilmu dan teknologi terus terjadi. Penyediaan buku dimaksud diyakini salah satu jawaban. Karenanya, kantor camat akan dibuka hingga jam 19.00 WIB guna memberi ruang kepada siswa dan umum. Sebagai lembaga pertama penerima empati, dia berkomitmen tampil menyajikan sumbangsih bagi masyarakat.

Richard menyebut, bantuan itu merupakan atensi demi kemajuan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Sebagai putra daerah, ia paham betul jumlah literatur bahan acuan belajar relatif terbatas. Sedang harga cetakan dipandang jauh di bawah daya beli.

Diutarakan, sumber pembiayaan barang tersebut berasal dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) Sumut tahun 2011 di pos Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara. Dikatakan, pendirian gedung taman bacaan permanen sangat memungkinkan ditalangi Pemerintah Sumut, asalkan lahan telah tersedia.

Didampingi pustakawan Orisa Magdalena Setiawaty SSos, Richard merinci bantuan dimaksud. Yakni 460 judul buku total 1361 eksemplar, 1 buah rak buku, meja baca 2 buah berikut 8 kursi. Sebagian menu bacaan itu disajikan dalam bahasa Inggris. Itu strategis demi mengasah kemampunan. Ke depan tengah direncanakan realisasi peralatan sekolah ke SMA Negeri 1 Sumbul dan SMP Negeri 3 Sumbul. Membebankan seluruh kebutuhan pendidikan ke APBD kabupaten tentunya dirasa berat. Sehubungan itu, berbagai peluang semisal memperoleh porsi di APBD Sumut hingga APBD harus dioptimalkan.

Menurutnya, perantau juga perlu diajak berkomunikasi agar masing-masing memberi kontribusi sesuai kemampuan. Karenanya, komunikasi penting diintensifkan. Para wakil rakyat di semua lini sangat wajar didorong berpartisipasi.

“Jika camat atau kepala desa serta kepala sekolah tidak pro aktif menyampaikan aspirasi ke dewan dan institusi berkompeten termasuk perorangan yang punya kapasitas, bagaimana mereka tahu apa keinginan arus bawah” kata Richard. Agenda berlangsung sederhana dihadiri beberapa kepala desa dan kepala sekolah. (ssr)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to SUMBUL PERCONTOHAN TAMAN BACAAN DI DAIRI

  1. Pingback: photo locations santorini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *