SONGKET BATUBARA KE MANCA NEGARA

KISARAN (Waspada): Sejumlah karya masyarakat mulai dari kerajinan tenun Batubara sampai kerang dan kelapa hias dipamerkan di Stand Pemkab Batubara pada kegiatan Jambore/Pameran Teknologi Tepat Guna Ke XI Dan Hari Keluarga Ke XVIII Tingkat Provsu berlangsung di lapangan Hocky Kisaran, Kamis (14/7).

”Semua yang kita tampilkan disini merupakan hasil karya kerajinan masyarakat,”sebut salah seorang petugas yang menempati Stand Pameran Pemkab Batubara kepada Waspada.

Menurutnya hasil tenun tersebut meliputi kain/sarung hingga bakal pakaian dengan motif bervariasi harga jual dari Rp300 ribu hingga Rp 600 ribu untuk jenis bakal.Sedangkan jenis sarung Rp 200 ribu hingga Rp 1,5 juta.

”Perbedaan harga ini melihat dari kualitas tenun dihasilkan. Jika harganya mahal sudah jelas kualitas benang digunakan baik dan lembut dipakai,” ujarnya.

Sedangkan sisa potongan bakal atau sarung tenunan dapat dibuat sebagai penutup gelas sampai botol air mineral dan mainan kunci rata-rata dijual Rp35.000 hingga Rp 75.000 per jenis. Peci tenun Batubara Rp60.000 per buah.

Kain songket Batubara ini sudah ternama sejak dulu sampai sekarang tidak saja di pasaran lokal, namun manca negara seperti Malaysia.

Begitu juga jenis hiasan terbuat dari kulit kerang, siput dan dayang kelapa sampai kepada sapu hias masing-masing dijual dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 100 ribu per jenis dapat terjangkau di masyarakat.

”Alhamdulillah hasil kerajinan ini dapat menambah pendapatan masyarakat khususnya di kalangan perajin,” kata Amran salah seorang pengelola tenun Batubara.

Ani, salah seorang perajin, warga Kampung Benteng, Desa Pahang, Kecamatan Talawi mengaku dirinya semata mengharapkan dari hasil bertenun yang ditekuninya sejak di bangku sekolah sampai sekarang masih mengambil upah bertenun dengan pendapatan rata-rata Rp50.000 hingga Rp100.000 per potong.

”Setiap potong kain maupun bakal tenun Batubara dapat disiapkan dalam waktu empat hari hingga seminggu,”ujarnya.(a13)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *