RIBUAN PENGUNJUKRASA DATANGI KANTOR GUBSU

Medan, (Analisa):  Enam ribu massa yang tergabung dalam Forum Rakyat Bersatu terdiri dari kelompok tani dan pensiunan PTPN turun ke jalan melakukan aksi demo menuju kantor Gubsu, Senin (18/7).

Kantor Gubernur Sumut di Jalan Diponegoro Medan, Senin (18/7) didatangi ribuan massa pengunjukrasa menuntut Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho menyikapi permasalahan lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN2.

Dalam menyampaikan aspirasinya ribuan massa yang tergabung dalam Forum Rakyat Bersatu itu didampingi 4 anggota DPRD Sumut di antaranya Syamsul Hilal. Massa pengunjukrasa secara bergantian melakukan orasi sambil menggelar puluhan spanduk di halaman kantor Gubsu, dengan mendapat pengawalan ketat ratusan personil Polisi.

Mereka juga meneriakkan Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho agar menemui mereka. Awalnya Asisten III, Asrin Naim yang menemui pengunjukrasa namun ditolak oleh massa. Mereka tetap menginginkan agar Plt Gubsu langsung menemui mereka. Setelah ditunggu beberapa saat akhirnya dengan pengawalan ketat petugas kepolisian dan Satpol PP, Gatot Pujo Nugroho mau menemui pengunjukrasa.

Siap berjuang

Dihadapan massa, Plt Gubsu menyatakan siap berjuang bersama masyarakat terkait lahan eks HGU PTPN2 di Sumut. Karena itu, katanya, dia akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPN, Kejaksaan, Kepolisian, DPRD Sumut dan PTPN2.

“Atas nama masyarkat dan Pemprovsu saya akan memperjuangkann ini bersama pihak-pihak terkait kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Meneg BUMN,” ujar Gatot di hadapan ribuan massa aksi. Turut mendampingi Gatot Kapolresta Medan Kombes Pol Tagam Sinaga.

Dalam orasinya, mereka mengklaim sekitar 5.837 hektar lahan eks HGU yang terletak di Binjai, Langkat dan Deliserdang saat ini berada dalam penguasaan masyarakat.

Massa berpendapat sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, lahan eks HGU sepenuhnya menjadi milik negara dan harus dikembalikan kepada rakyat. Apalagi, sekitar 5.837 hektar tersebut selama ini sudah dikuasai rakyat, baik berupa eks perumahan karyawan PTN2 maupun sejumlah tanah yang sudah diserahkan kepada adat.

Aksi massa ini berakhir hingga pukul 18.00 WIB, sebelumnya mereka berencana akan menginap di kantor Gubsu.(ir)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *