PANGSA PASAR SUSU TERBUKA LUAS

MEDAN – Manajemen perusahaan industri susu PT Frisian Flag menilai pangsa pasar produk susu di Indonesia masih terbuka luas dan volume konsumsinya diprediksi bakal meningkat.

“Pangsa pasar susu di Indonesia masih terbuka luas, meski dari sisi volume konsumsinya hingga kini masih tergolong relatif rendah,” kata Corporate Communication Manager PT Frisian Flag Indonesia, Anton Susanto.

Dia memperkirakan, kinerja pemasaran Frisian Flag selama tahun 2011 bakal lebih baik lagi dibanding tahun 2010, terkait dengan program promosi dan gerakan minum susu yang gencar dilaksanakan perusahaan susu tersebut di dalam negeri.

Asumsi peningkatan kinerja pemasaran tersebut didasarkan atas pertumbuhan volume produksi susu Frisian Flag yang pada awal tahun 2011 saja sudah mencapai sebanyak 870 juta ton.

Disebutkannya, konsumsi susu di Indonesia tahun 2010 baru sekitar 11,7 liter per kapita atau masih tergolong rendah jika dibanding negara Asia lainnya, seperti India sebanyak 70 liter per kapita dan Malaysia 30 liter per kapita.

Volume konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah karena masyarakat cenderung hanya meminum susu pada saat bayi hingga usia sekolah dan kemudian berhenti Dari sisi bisnis dan investasi, menurut Anton, Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 237 juta jiwa juga sangat menjanjikan.

Namun demikian, dia mengakui, untuk lebih mengoptimalkan peluang tersebut perlu dibarengi dengan upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat minum susu bagi kesehatan sejak lahir hingga akhir hidup.

Seiring dengan upaya tersebut, lanjut dia, produsen susu harus senantiasa jeli melakukan berbagai inovasi dengan membuat produk baru yang lebih berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

“Tingkat konsumsi susu di Indonesia yang masih tergolong rendah dewasa ini sesungguhnya bukan semata-mata dipengaruhi oleh daya beli masayarakat, tetapi lebih disebabkan oleh belum maksimalnya sosialisasi tentang pentingnya minum susu bagi perkembangan tubuh dan kesehatan manusia,” ujarnya.

Untuk meningkatkan angka konsumsi susu, kata Anton, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah institusi akan turut berperan mensosialisasikan tentang manfaat minum susu, diantaranya melalui gerakan minum susu massal.

“Susu yang diminum setiap hari dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan penuh vitalitas, karena susu mengandung kalsium dan beragam jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh manusia,” ujarnya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *