MINYAK ZAITUN KURANGI RISIKO STROKE PADA ORANG TUA

[WASHINGTON] Orang tua yang mengonsumsi minyak zaitun (olive oil) pada makanannya memiliki risiko rendah terserang stroke, dibandingkan yang tidak memakai minyak tersebut. Hasil ini merupakan studi dari sekitar 7.000 orang Prancis yang dipublikasikan di Amerika Serikat (AS), baru-baru ini.

Riset dilakukan oleh Institut Nasional Kesehatan dan Medis dari Bordeaux, Prancis dengan meneliti sebanyak 7.625 orang tua pada kisaran usia 65 tahun ke atas di tiga kota, Bordeaux, Montpellier dan Dijon selama lima tahun.

Selama waktu tersebut hanya sebanyak 148 orang tua terserang stroke.

Para subjek penelitian ini dibagi dalam sejumlah kelompok mereka-mereka yang menggunakan minyak zaitun, dan mereka-mereka yang tidak menggunakannya untuk memasak, dan sebagai saus atau pun pendamping makan roti.

Saat peneliti melihat sejumlah faktor dari aktivitas fisik, diet dan berat badan, mereka menemukan kalau orang tua pengguna minyak zaitun, memiliki risiko rendah terserang stroke hingga 41 persen dibandingkan yang tidak menggunakannya.

“Stroke menjadi umum di kalangan orang tua, dan menggunakan minyak zaitun tampaknya merupakan jalan termudah dan murah untuk mencegahnya,” ungkap penulis riset, Cecilia Samieri. [L-9]
sumber: http://www.suarapembaruan.com

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *