LUAS SUPERMARKET DI MEDAN TAK SESUAI

MEDAN – Sejumlah supermarket di Medan ternyata melanggar klasifikasi luas lahan usaha yang ditetapkan Badan pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT).

Luas lahan supermarket yang ada di lapangan ternyata tidak sesuai dengan data BPPT. Berdasarkan data Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan,beberapa supermarket mencantumkan luas lahan usahanya sebesar 64 meter padahal luas tersebut masuk dalam klasifikasi minimarket, bukan supermarket.

Pelanggaran ini tentu saja membuat kerugian pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan. Data soal luas lahan usaha sangat berpengaruh untuk menentukan pembayaran retribusi izin gangguan (HO), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) maupun Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Pelanggaran yang dilakukan para pengusaha supermarket ini diduga keras karena tidak adanya pengawasan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, baik BPPT maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Menanggapi hal itu, Kepala BPPT Kota Medan, Wiriya Alrahman, malah mengungkapkan pihaknya tidak memiliki wewenang untuk melakukan tugas pengawasan di lapangan.

“Kami hanya memproses izin saja, pengawasan tidak ada. Kalau ada kesalahan dan pelanggaran aturan itu bidang pengawasan, bukan kami. Lagian itu kebanyakan izin lama,” bebernya. Dia menambahkan,apabila ada kesalahan atau melanggar aturan di lapangan tugas pengawas yang menindaknya. Sebab, mereka hanya mengeluarkan izin saja.Pengawasan sendiri adalah dinas teknis yakni Disperindag.

Sebelumnya, Kadis Perindag Kota Medan, Syahrizal Arief, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPPT terkait persoalan ini. Dengan adanya duduk bersama persoalan ini akan diselesaikan. Sementara itu,Ketua Komisi C DPRD Medan, Jumadi menegaskan, kesalahan ini akibat lemahnya pengawasan atau tidak berjalannya pengawasan dilakukan Disperindag selama ini, jelasnya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *