KOIN UNTUK RUMAH ADAT KARO DITERUSKAN OLEH TINUANG

KARMILA KABAN. MEDAN. Pengumpulan koin untuk perbaikan rumah adat Karo yang dideklarasikan 29 Mei 2010 lalu oleh Tabloid Sora Sirulo dan Sanggar Tinuang telah berhasil melakukan penyisipan atap Rumah Suah, sebuah rumah adat Karo di Desa Melas (Kec. Dolatrayat, Kab. Karo), 4-5 Maret 2011 lalu. Sesuai rencana awal, Tabloid Sora Sirulo membimbing Sanggar Tinuang sampai tahap tertentu hingga sanggar ini mandiri dan dikenal masyarakat secara lebih luas. Berdasarkan pengamatan terakhir, Tabloid Sora Sirulo menilai Sanggar Tinuang telah cukup mandiri meneruskan gerakan perbaikan Rumah Suah secara menyeluruh.

Dalam rapat terakhir yang dilakukan di Kampus Unimed awal Juni lalu, secara resmi Tabloid Sora Sirulo menyerahkan sepenuhnya kepada Sanggar Tinuang kelanjutan gerakan ini. Turut hadir dalam rapat itu beberapa pengurus Tinuang dan beberapa anggota redaksi Sora Sirulo. Ketua Sanggar Tinuang, Desnalri Sinulingga, mengucapkan terimakasih kepada Tabloid Sora Sirulo khususnya pemimpin redaksi Ita Apulina Tarigan atas bimbingan yang telah diberikan selama ini.

Sora Sirulo sendiri melalui LSM Sirulo Community Mediation (SCM) akan meneruskan gerakan pelestarian/ perbaikan benda-benda sejarah dan budaya Karo termasuk rumah adatnya. “Perestarian Rumah Adat Melas kita serahkan sepenuhnya kepada Tinuang dan gerakan yang sedang kita rancang akan dilakukan oleh SCM tanpa Tinuang,” kata pemimpin redaksi Sora Sirulo Ita Apulina Tarigan seusai rapat dengan Tinuang.
sumber: Redaksi SoraSirulo <sorasirulo_redaksi@yahoo.com>

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo, Momo Man Banta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *