DS KEJAR PREDIKAT LUMBUNG SUMUT

LUBUK PAKAM – Pemeirntah Kabupaten Deliserdang berambisi mengembalikan kejayaannya sebagai lumbung beras di Sumatera Utara. Untuk mewujudkannya, dilakukan peningkatan jaringan irigasi desa (Jides) dan jaringan irigasi tingkat usaha tani (Jitut).

“Hingga kini hasilnya sudah menggembirakan,¬† produksi padi 2010 dengan luas panen 84.582 hektare menjadi 441.897 ton, meningkat 13,42 persen dibanding tahun 2009,” kata Bupati Deliserdang Amri Tambunan, hari ini.

Mengenai masih adanya areal persawahan petani mengalami kekurangan air sehingga terpaksa menggunakan pompa air seperti yang terjadi pada daerah irigasi Wonosari Kecamatan Tanjungmorawa, menurut Amri sebagai akibat menurunnya debit air sungai Batu Gingging di musim kemarau. Namun hal itu telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat untuk menambah debit air sungai Batu Gingging dari Sungai Ular. Di samping itu, dilakukan pembinaan petani melalui pengaturan pola tanam khususnya pada musim kemarau.

Pembangunan dam dan irigasi Sungai Belumai¬† menurut Bupati, masih berlangsung bersamaan dengan irigasi Desa Durian, Pematang Biara, Dusun Limbong, dan Rantau Panjang. Sampai penanganannya selesai diperkirakan membutuhkan dana lebih kurang Rp 11 miliar. “Hal ini sesuai dengan rencana yang ditargetkan dalam RPJMD, sampai tahun 2014 diharapkan daerah Irigasi di Deliserdang bertambah seluas lima ribu hektare, ” ujar Amri
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *