HARGA JERUK MANIS MELONJAK

Akibat pasokan yang berkurang, harga jeruk manis di sejumlah pasar Sidikalang, Selasa, (12/7) mengalami lonjakan jika sebelumnya hanya Rp6.000/kg, kini naik menjadi Rp12.000/kg.

Menurut Umar Solin dan M.Br.Banurea pedagang buah di pasar Tradisional Sidikalang, harga jeruk manis sejak beberapa minggu terakhir sudah mencapai Rp12.000/kg. Padahal, harga jeruk jenis termurah ini sebelumnya hanya Rp6.000/kg. Naiknya harga jeruk ini katanya karena pasokan jeruk utamanya dari Sigalingging, Tigalingga, Siempat Nempu Hulu terbatas, sementara permintaan jeruk mulai meningkat.

Sudah beberapa minggu ini, harga jeruk naik terus. Biasanya, walaupun menjelang puasa tidak selalu mempengaruhi harga jeruk. Tapi kali ini naik karena memang pasokan berkurang.

Dikatatakannya, biasanya setiap 2 hari sekali, ia mendapatkan pasokan buah jeruh sebanyak 200 kilogram, tapi kini hanya 75 kilogram dari jumlah sebelumnya. Bahkan pedagang memprediksi harga jeruk bakal kembali naik karena hingga saat ini pasokan jeruk belum normal.
sumber: http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *