HARGA BAWANG MERAH MELONJAK, CABAI JUSTRU TURUN

MedanBisnis – Medan. Dalam tiga hari terakhir, harga bawang merah di pasaran melonjak tajam. Menurut beberapa pedagang, kenaikan harga bawang tersebut dipicu oleh minimnya pasokan bawang merah yang masuk pada mereka.
Debora Pasaribu, salah satu pedagang di Pasar Petisah Medan mengatakan, minimnya pasokan bawang merah pada tinggkat pedagang eceran sepertinya membuat padagang di sana memilih untuk menaikkan harga.

“Saat ini bawang merah kami jual pada kisaran Rp18.000 hingga Rp20.000 per kg, tergantung kualitas barang,” katanya kepada MedanBisnis, Rabu (13/7). Sebelumnya, bawang merah dijual dengan harga Rp12.000 hingga Rp14.000 per kg dalam beberapa pekan terakhir.

Kebanyakan, bawang merah yang dijualnya adalah bawang merah impor asal Thailand. Dalam seminggu dia biasa memasok bawang merah hingga 700 kg. Namun karena pasokan yang kurang kini dia hanya bisa memasok tidak lebih dari 400 kg. “Makanya harga bawang merah naik,” katanya lagi.
Selain bawang merah impor, ada juga bawang merah lokal asal Simalungun dan Aceh, namun masih dalam jumlah sedikit. Produksi bawang lokal yang masih rendah menyebabkan bawang impor asal Thailand merajai pasar.

Disisi lain, kenaikan bawang merah tidak diikuti bawang putih. Sejak awal Juni lalu, harga bawang putih masih bertahan pada level Rp11.000 hingga Rp12.000 per kg.

Hal yang sama juga diakui Rosmalia, salah satu pedagang di Pusat Pasar Medan. Dia mengakui, harga bawang merah yang mahal menyebabkan permintaan menurun. “Kira-kira permintaan turun hingga 20% dari hari biasa,” katanya Rosmalia.

Akibat permintaan turun, pendapatannya juga ikut menurun. Kini, pelanggannya yang kebanyakan berasal dari rumah makan dan rumah tangga mulai membatasi pembelian bawang merah.

Sementara itu, harga cabai merah dipasaran turun sejak Selasa kemarin. Cabai merah dijual dengan harga Rp6.000 per kg, turun dari harga sebelumnya Rp10.000 per kg.

Rosmalia mengatakan, akhir-akhir ini harga cabai merah dipasaran tidak stabil. “Kadang naik, kadang turun, dan itu terjadi dalam jarak waktu yang sangat singkat,”katanya.

Dia mengatakan, sejak Juni lalu, harga cabai merah tak pernah bertahan hingga seminggu, bahkan bisa berubah hingga tiga kali. Tidak stabilnya harga cabai merah tersebut dipicu oleh pasokan yang juga tidak stabil. “Saat ini memang pasokan yang masuk agak banyak, sehingga harga turun,”katanya lagi. (cw – 01)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to HARGA BAWANG MERAH MELONJAK, CABAI JUSTRU TURUN

  1. Pingback: psilocybin mushroom bars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *