EKSPOR SUMUT KE AFSEL NAIK TAJAM

MEDAN – Nilai ekspor Sumatera Utara ke Afrika Selatan hingga Mei tahun ini naik tajam hingga 59,92 persen dibandingkan tahun lalu atau menjadi 161,487 juta dolar AS.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumut, Suharno, di Medan, mengatakan, pada Januari – Mai 2011, nilai ekspor Sumut ke negara itu masih 100,978 juta dolar AS.

Menurut dia, kenaikan nilai ekspor ke Afrika Selatan yang sebesar hampir 60 persen itu tercatat mengalami peningkatan terbesar dibandingkan ke negara lainnya.

Nilai ekspor Sumut ke Jepang, misalnya, naik hanya 45,52 persen, ke China 11,14 persen, Singapura 55,51 persen dan ke Amerika Serikat 36,17 persen.

Suharno menyebutka, nilai ekspor ke Afrika Selatan itu terbesar disumbang oleh ekspor minyak sawir mentah dan produk turunannya.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adiyaksa, mengatakan, pasar Afrika Selatan, memang merupakan salah satu pasar yang potensial untuk digarap pengusaha.

Selain penduduknya yang banyak, perekonomian negara itu bertumbuh lumayan bagus, Meski dewasa ini Afrika Selatan masih belum menjadi negara tujuan utama ekspor Sumut, negara itu dinilai potensial untuk digarap.

Selain produk minyak sawit mentah, kelompok barang yang potensial diekspor antara lain karet, rokok, barang dari plastik.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *