ADAT DAN BUDAYA KARO

Penduduk asli yang mendiami wilayah Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara Indonesia, disebut Suku Bangsa Karo. Suku Bangsa Karo ini mempunyai adat istiadat yang sampai saat ini terpelihara dengan baik dan sangat mengikat bagi Suku Bangsa Karo sendiri.
Suku ini terdiri dari 5 (lima) Merga, Tutur Siwaluh, dan Rakut Sitelu :
Merga Silima, yakni:
– Karo-karo
– Ginting
– Sembiring
– Tarigan
– Perangin-angin
Dari kelima Merga tersebut di atas, masih terdapat sub-sub Merga.
Merga Ginting
1.    Ajartambun
2.    Babo
3.    Beras
4.    Cabap
5.    Gurupatih
6.    Garamata
7.    Jandibata
8.    Jawak
9.    Manik
10.    Munte
11.    Pase
12.    Seragih
13.    Suka
14.    Sugihen
15.    Sinusinga
16.    Tumangger
Merga Karo-karo
1.    Barus
2.    Bukit
3.    Gurusinga
4.    Kaban
5.    Kacaribu
6.    Ketaren
7.    Kemit
8.    Jung
9.    Purba
10.    Sinulingga
11.    Sinukaban
12.    Sinubulan
13.    Sinuraya
14.    Sitepu
15.    Sinuhaji
16.    Surbakti
17.    Samura
18.    Sekali
Merga Perangin-angin
1.    Bangun
2.    Keliat
3.    Kacinambun
4.    Namohaji
5.    Nano
6.    Menjerang
7.    Uwir
8.    Pinem
9.    Pancawan
10.    Panggarun
11.    Ulun Jandi
12.    Laksa
13.    Perbesi
14.    Sukatendel
15.    Singarimbun
16.    Sinurat
17.    Sebayang
18.    Tanjung
Merga Sembiring
1.    Berahmana
2.    Busuk
3.    Depari
4.    Colia
5.    Keloko
6.    Kembaren
7.    Muham
8.    Meliala
9.    Maha
10.    Bunuaji
11.    Gurukinayan
12.    Pandia
13.    Keling
14.    Pelawi
15.    Pandebayang
16.    Sinukapur
17.    Sinulaki
18.    Sinupayung
19.    Tekang
Merga Tarigan
1.    Bondong
2.    Gana-gana
3.    Gersang
4.    Gerneng
5.    Jampang
6.    Purba
7.    Pekan
8.    Sibero
9.    Tua
10.    Tegur
11.    Tambak
12.    Tambun
13.    Silangit
14.    Tendang
Orat Tutur Merga Silima
1.    Merga Bapa, jadi merga man anak sidilaki jadi beru man anak sidiberu
2.    Beru Nande, jadi bere-bere man anak sidilaki ras anak sidiberu
3.    Bere-bere Bapa, jadi binuang man anak sidilaki ras anak sidiberu
4.    Bere-bere Nande, jadi perkempun man anak sidilaki ras anak sidiberu
5.    Bere-bere Nini (Bulang) Arah Bapa, jadi kampah man anak sidilaki ras anak sidiberu
6.    Bere-bere Nini (Bulang) Arah Nande, jadi soler man anak sidilaki ras anak sidiberu
Berdasarkan Merga ini maka tersusunlah pola kekerabatan atau yang dikenal dengan Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh dan Perkaden-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada.
Rakut Sitelua, yaitu:
– Senina/Sembuyak
– Kalimbubu
– Anak Beru
Tutur Siwaluh, yaitu:
– Sipemeren
– Siparibanen
– Sipengalon
– Anak Beru
– Anak Beru Menteri
– Anak Beru Singikuri
– Kalimbubu
– Puang Kalimbubu
Perkaden-kaden Sepuluh Dua:
– Nini
– Bulang
– Kempu
– Bapa
– Nande
– Anak
– Bengkila
– Bibi
– Permen
– Mama
– Mami
– Bere-bere
Dalam perkembangannya, adat Suku Bangsa Karo terbuka, dalam arti bahwa Suku Bangsa Indonesia lainnya dapat diterima menjadi Suku Bangsa Karo dengan beberapa persyaratan adat.
2.   Masyarakat Karo terkenal dengan semangat keperkasaannya dalam pergerakan merebut Kemerdekaan Indonesia, misalnya pertempuran melawan Belanda, Jepang, politik bumi hangus. Semangat patriotisme ini dapat kita lihat sekarang dengan banyaknya makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan di Kota Kabanjahe yang didirikan pada tahun 1950.
3.   Penduduk Kabupaten Karo adalah dinamis dan patriotis serta taqwa kepada Tuhan Yang Esa. Masyarakat Karo kuat berpegang kepada adat istiadat yang luhur, merupakan modal yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembangunan.Dalam kehidupan masyarakat Karo, idaman dan harapan (sura-sura pusuh peraten) yang ingin diwujudkan adalah pencapaian 3 (tiga) hal pokok yang disebut Tuah, Sangap, dan Mejuah-juah.
Tuah berarti menerima berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, mendapat keturunan, banyak kawan dan sahabat, cerdas, gigih, disiplin dan menjaga kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang.
Sangap berarti mendapat rejeki, kemakmuran bagi pribadi, bagi anggota keluarga, bagi masyarakat serta bagi generasi yang akan datang.
Mejuah-juah berarti sehat sejahtera lahir batin, aman, damai, bersemangat serta keseimbangan dan keselarasan antara manusia dan manusia, antara manusia dan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhannya. Ketiga hal tersebut adalah merupakan satu kesatuan yang bulat yang tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain.
Sumber : Pemda Karo

This entry was posted in Adat Istiadat Karo, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *