ALASAN PENDERITA WASIR HINDARI APEL DAN JERUK

BAGI penderita wasir memang disarankan untuk mengonsumsi banyak serat. Tapi sebaiknya hindari konsumsi apel hijau dan juga jeruk karena bisa memperburuk gejala wasir yang muncul.

Beberapa makanan tertentu sebaiknya dihindari oleh penderita wasir karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan, nyeri dan gatal-gatal yang intensitasnya semakin meningkat.

Makanan atau buah yang bisa meningkatkan keasaman dalam sistem pencernaan bisa menyebabkan gejala-gejala wasir menjadi bertambah buruk, karena makanan atau buah yang asam bisa mengiritasi wasir.

Makanan yang harus dihindari tersebut adalah apel hijau (karena memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibanding apel merah), buah jeruk dengan keasaman tinggi, minuman berkarbonasi, minuman berkafein seperti kopi dan alkohol.

Selain itu hindari pula makanan olahan serta yang rendah serat seperti keju dan juga daging merah karena bisa membuat feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit.

Wasir atau ambeien juga dikenal dengan nama hemoroid yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus, yaitu penurunan bantalan anus (anal cushion) yang disebabkan oleh banyak hal. Bantalan anus ini terdiri dari mukosa, jaingan otot polos anus, jaringan ikat longgar dan jaringan pembuluh darah.

Penyebab wasir sendiri bisa bermacam-macam seperti:
– Kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada Olahraga          angkat beban
– Terlalu banyak duduk atau berdiri
– Faktor genetika (keturunan)
– Mengejan terlalu keras saat buang air besar, biasanya akibat konstipasi
– Dapat terjadi juga pada wanita hamil.

Pengobatan yang dilakukan untuk wasir tergantung pada stadium yang dialaminya. Hal terpenting adalah pasien dapat selalu buang air besar secara teratur dengan feses yang lunak, banyak minum dan mengonsumsi makanan kaya serat.
sumber : http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *