6 LANGKAH RUMAH BEBAS NYAMUK

Lingkungan tropis seperti Indonesia memang menjadi ‘rumah’ bagi berbagai spesies nyamuk. Tak sedikit nyamuk yang betah tinggal dan bersarang dalam rumah kita. Meski angka kasus penyakit demam berdarah (DBD) tahun 2010 menurun dari tahun sebelumnya, namun penyakit ini selalu hadir dan membahayakan jiwa.

Ada 6 cara yang menjadi langkah untuk program ‘Rumahku Bebas Nyamuk Maksimal’ yaitu:

1. Maksimalkan sirkulasi udara dan cahaya. Pastikan rumah menerima sinar matahari             dengan baik dan tidak pengap.

2. Maksimalkan tanpa genangan air. Beri lubang pada pot tanaman agar tidak terdapat           genangan, daur ulang barang bekas, ban atau benda yang bisa menampung air.

3. Maksimalkan bersihkan rumah dan lingkungan. Rapikan isi rumah dengan tidak                    menggantung baju sembarangan, rutin bersihkan tempat penampungan air dan kamar         mandi.

4. Maksimalkan merawat tanaman. Hindari/pangkas daun tanaman yang terlalu rimbun         dan padat, pelihara tanaman seperti lavender, akar wangi, geranium dan selasih yang           dibenci nyamuk.

5. Maksimalkan pasang kelambu/kasa nyamuk. Pastikan lapisan kelambu                                    menutupi tempat tidur menyeluruh.

6. Maksimalkan anti nyamuk. Tempatkan obat nyamuk pada ruang yang sirkulasi cukup.       Letakkan searah dengan aliran udara, diletakkan pada bawah tempat tidur.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *